BUMI SEMPAJA CITY – Dikenal dengan sebagai tempat lahir nya peradaban, Timur Tengah adalah wilayah yang kaya akan budaya dan agama, yang sebagian besar masih bertahan hingga pada saat ini. Timur Tengah juga merupakan tempat bertemu nya berbagai macam kebudayaan untuk menciptakan gaya seni yang khas, arsitektur, dan dekorasi interior yang penuh denga warna. Dari pasar Morrocco, pantai Palestina, hingga gurun di Iran, ada banyak pemandangan dan gaya yang indah untuk inspirasi desain rumah.

Berikut adalah beberapa cara mudah untuk menerapkan sentuhan gaya Timur Tengah pada dekorasi rumah anda.

Pola Geometris
Pola GeometrisSalah satu ciri artistik Timur Tengah (khususnya Islam) yang paling mudah dikenali adalah pola geometrisnya. Dari bentuk bangunan hingga cetakan kain dan karya seni, pola geometris ada di mana-mana. Anda bisa menambahkan pola-pola ini ke rumah Anda dalam bentuk ornament, permadani, bantal, atau karya seni dinding berbingkai.

Kain Berwarna-warni
Kain Berwarna-warni
Kain warna-warni juga merupakan bahan pokok dalam dekorasi Timur Tengah. Kalian dapat menerapkan kain warna-warni Kalian sendiri pada tirai, atau kain warna-warni bisa digunakan sebagai kanopi untuk mendandani langit-langit yang tinggi.

Ornament Logam Berukir
Ornament Logam Berukir
Lampu minyak antik yang terbuat dari logam perunggu ataupun emas, tongkat lilin, atau cermin berbingkai dapat memberikan suasana Timur Tengah yang lebih tradisional pada rumah Kalian. Pilih satu set tempat lilin perunggu berdesain rumit atau lentera luar ruangan untuk menambah suasana khas Timur Tengah

DP 0 PERSEN

Tempat Duduk di Lantai
Tempat Duduk di Lantai
Palet nyaman yang dibungkus karpet lembut dan bantal bisa menjadi tambahan yang bagus untuk rumah bergaya Timur Tengah, khususnya untuk pesta makan malam atau pertemuan lainnya. Buat lingkaran bantal di sekitar meja rendah dengan pipa hookah tradisional di atasnya untuk pengalaman santai yang benar-benar khas Timur Tengah.

Dekorasi gaya khas Timur Tengah adalah tentang kekayaan dan kemewahan, sekaligus juga tentang kesederhanaan dan kenyamanan. Banyak sekali orang yang mengimplementasikan gaya dekorasi yang memadukan antara gaya tradisional Timur Tengah dengan keanggunan kontemporer. Jika Kalian ingin menambahkan pesona Timur Tengah ke rumah Anda, berikut adalah 7 tips yang bisa anda ikuti :

BACA JUGA  Pentingnya Rencana Pencahayaan di dalam Rumah

1. Pilih warna-warna hangat yang kaya seperti merah, emas, hijau, coklat, atau biru tua untuk memberi rumah Anda suasana Timur Tengah yang mewah.

2. Tempat duduk lantai tidak hanya populer di Timur Tengah saja, namun banyak umat Muslim di seluruh dunia yang menerapkan gaya tempat duduk ini. Untuk membuat tempat duduk di lantai, buat bangku tingkat rendah, bagian atasnya di isi dengan kasur tebal lalu sebarkan bantal kecil di mana-mana untuk kenyamanan. Atau cukup menyediakan bantal di lantai sebagai alas tempat duduk.

3. Cantumkan unsur seni Islami di rumah Kalian seperti corak geometris, kaligrafi bahasa arab berbingkai kayu ataupun perunggu, permadani, dan bantal bercorak warna warni.

4. Pakai lah perabot atau aksesori yang diukir dan bertatahkan sesuatu yang berkilau seperti batu mutiara atau pun batu zamrud. Karena perabot seperti ini biasanya berharga mahal, Kalian bisa memilih potongan yang meniru design khas Timur Tengah sehingga memberikan kesan yang mewah.

5. Privasi adalah yang paling penting dalam Islam sehingga layar jendela berkisi menjadi fitur arsitektur Islami yang memberikan privasi, dan tentu saja sekaligus memberikan kesan estetika. Kalian dapat meniru tampilan itu di rumah Anda dengan naungan jendela yang terinspirasi gaya Moor.

6. Hiasi rumah Kalian dengan Lampion. Selama masa peradaban Islam, lampion digunakan untuk menerangi jalan-jalan terutama pada hari raya keagamaan. Ini adalah cara yang murah untuk menambahkan sentuhan gaya khas Timur Tengah ke tempat tinggal Kalian.

7. Sertakan ornament yang terbuat dari kuningan, perunggu, tembaga, keramik, ataupun gerabah sebagai tambahan dekorasi pada rumah Kalian.