Sewa dan Beli Rumah – Memiliki rumah mungkin menjadi tujuan seumur hidup bagi banyak orang Indonesia, tetapi itu tidak berarti itu untuk semua orang. Tingkat kepemilikan rumah saat ini tinggi di lokal, tetapi ini tidak selalu terjadi. Keluarga secara historis perlu membangun rumah mereka sendiri atau menyewa rumah dari orang lain.

Meskipun mungkin tidak ideal, sewa dan beli rumah juga memiliki kelebihan. Bagi sebagian orang, menyewa mungkin lebih masuk akal untuk keadaan keuangan mereka. Di bawah ini, kami telah mencantumkan beberapa keuntungan utama menyewa daripada membeli rumah.

Alasan Sewa dan Beli Rumah Itu Lebih Baik

  • Baik menyewa maupun membeli memiliki keuntungan finansial masing-masing, dan memiliki rumah tidak cocok untuk semua orang.
  • Tidak seperti pemilik rumah, penyewa tidak memiliki biaya pemeliharaan atau tagihan perbaikan dan mereka tidak perlu membayar pajak properti.
  • Fasilitas yang umumnya gratis untuk penyewa bukan untuk pemilik rumah, yang harus membayar untuk pemasangan dan pemeliharaan.
  • Menyewa biasanya memerlukan uang jaminan yang setara dengan sewa satu bulan, sedangkan pembeli rumah diharuskan memiliki uang muka yang cukup besar saat membeli rumah dengan hipotek.
  • Penyewa memiliki tagihan listrik yang lebih rendah, fleksibilitas yang lebih besar di tempat tinggal mereka, dan akses ke fasilitas, seperti kolam renang atau ruang kebugaran, yang mungkin sangat mahal.

Apa Alasan Sewa dan Beli Rumah Itu Lebih Baik?

Tanpa Biaya Pemeliharaan atau Tagihan Perbaikan

Salah satu keuntungan menyewa rumah adalah tidak ada biaya perawatan atau tagihan perbaikan. Ini berarti bahwa ketika Anda menyewa sebuah properti, pemilik Anda bertanggung jawab penuh atas semua pemeliharaan, peningkatan, dan perbaikan. 

Jika alat berhenti bekerja atau atap Anda mulai bocor, Anda harus menghubungi pemilik rumah , yang harus memperbaiki atau menggantinya. Pemilik rumah, di sisi lain, bertanggung jawab atas semua biaya perbaikan, pemeliharaan, dan renovasi rumah. Bergantung pada sifat tugasnya dan apakah banyak pekerjaan muncul pada saat yang bersamaan.

Akses ke Fasilitas

Manfaat finansial lain dari menyewa adalah memiliki akses ke fasilitas yang seharusnya menjadi pengeluaran yang sangat besar. Kemewahan seperti kolam renang di dalam tanah atau pusat kebugaran menjadi standar di banyak kompleks apartemen kelas menengah hingga kelas atas tanpa biaya tambahan untuk penyewa.

Jika pemilik rumah ingin memiliki akses ke fasilitas ini, mereka mungkin harus menghabiskan ribuan dolar untuk pemasangan dan pemeliharaan. Pemilik kondominium juga tidak dibebaskan dari biaya ini.

Tidak Ada Pajak untuk Lahan

Salah satu manfaat utama dari menyewa versus memiliki adalah bahwa penyewa tidak perlu membayar pajak properti . Pajak real estat dapat menjadi beban yang berat bagi pemilik rumah dan berbeda-beda di setiap daerah. Di beberapa daerah, biaya yang terkait dengan pajak properti bisa mencapai ribuan dolar setiap tahun.

Meskipun perhitungan pajak properti bisa rumit, perhitungannya ditentukan berdasarkan perkiraan nilai properti rumah dan jumlah tanah yang dibangun. Dengan konstruksi baru yang semakin besar, pajak properti dapat menjadi beban keuangan yang signifikan bagi pemilik rumah.

Area lain di mana penyewa memiliki kesepakatan keuangan yang lebih baik adalah biaya di muka. Penyewa umumnya harus membayar uang jaminan yang sama dengan sewa satu bulan. Deposit ini secara teoritis dikembalikan kepada mereka ketika mereka pindah. Demikian artikel yang kami buat tentang sewa dan beli rumah, semoga artikel ini berguna dan bermanfaat untuk Anda. (rifa)