BUMI SEMPAJA CITY – Ketika menyangkut keuangan, ada banyak angka berbeda yang mungkin harus fokuskan. Misalnya, mungkin angka-angka di rekening giro, rekening tabungan, berbagai rekening pensiun, rekening investasi dan akun perdagangan atau mungkin fokus pada berapa banyak berhutang pada kartu kredit, pinjaman mahasiswa atau hipotek. Dan tentu saja, melacak pendapatan seiring kemajuan karier juga bisa menjadi prioritas.

Semua angka ini sangat penting untuk memahami kesehatan finansial secara keseluruhan. Namun, ada satu angka khusus yang dapat menentukan seberapa sukses dalam membangun aset untuk masa depan yaitu kekayaan bersih .

Apa itu Kekayaan Bersih?

Kekayaan bersih adalah perbedaan antara nilai dari apa yang miliki. Seperti rumah, dana pensiun, rekening investasi, saldo rekening giro, dll. Dikurangi kewajiban seperti hipotek, hutang kartu kredit, dan sebagainya. Kekayaan bersih adalah angka penting untuk diingat karena dapat membantu menentukan seberapa besar hutang dapat mempengaruhi kekayaan masa depan , serta menyoroti bidang-bidang yang harus fokuskan sebelum pensiun.

Menghitung kekayaan bersih sesederhana definisinya. Lihatlah semua yang miliki, termasuk aset yang akan menjadi bagian dari rencana pensiun , seperti saham, dan investasi . Buat daftar terpisah dari saldo terutang termasuk hutang dan kurangi jumlah itu dari jumlah semua yang miliki, dan yang tersisa adalah kekayaan bersih .

Duduk dan luangkan beberapa menit untuk menghitung jumlahnya. Apakah terkejut dengan angka tersebut atau apakah mengharapkan kekayaan bersih lebih tinggi? Jika ya, jangan takut! Ada beberapa hal yang dapat lakukan untuk meningkatkan kekayaan bersih , mulai hari ini.

DP 0 PERSEN

1. Tinjau Kewajiban
tunda kewajiban

Perhatikan kewajiban secara mendetail. Ini harus menjadi angka yang mudah untuk diketahui karena ini hanyalah berapa banyak hutang yang harus bayar setiap bulan dan dalam bentuk apa, seperti hipotek, hutang kartu kredit, dan pembayaran pinjaman . Apakah ada kewajiban yang bisa hilangkan atau kurangi? Mengurangi hutang adalah langkah besar dalam membantu meningkatkan jumlah kekayaan bersih .

Pertimbangkan untuk mengubah berbagai hal dengan rencana pembayaran . Dari pada melakukan satu pembayaran untuk hutang setiap bulan, pertimbangkan untuk melakukan pembayaran mingguan atau dua mingguan sebagai gantinya. Hal ini dapat membantu mengurangi pokok pinjaman lebih cepat, yang pada gilirannya mengurangi jumlah total bunga yang bayarkan.

2. Tinjau Aset

Langkah-langkah untuk Meningkatkan Kekayaan Bersih

Cobalah untuk tidak meninggalkan aset apa pun. Ingat, berikut adalah kelas aset utama :
• Ekuitas berarti nilai rumah , dikurangi jumlah hutang. Semakin banyak ekuitas yang miliki di rumah , semakin besar potensi nilai kekayaan bersih .
• Rumah liburan dan properti sewaan, biasanya dibayar dengan uang tunai, jadi ini jelas merupakan aset yang harus di hitung dan aturan yang sama untuk ekuitas berlaku untuk properti investasi.
• Investasi seperti saham, obligasi, reksa dana dan rencana pensiun penangguhan pajak. Ingatlah untuk menambahkan pajak untuk semua aset ini ke kewajiban .
• Barang koleksi atau barang – barang berseni, anggur berkualitas, perhiasan, mobil klasik, barang antik, pasar untuk barang-barang ini akan berfluktuasi, tetapi selalu dapat meminta penilai datang membantu menentukan nilainya.
• Aset setiap hari pun dapat dimasukan, seperti saldo di rekening giro atau tabungan untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang kekayaan bersih .

BACA JUGA  Tips Menabung Untuk Beli Rumah

3. Pangkas Beban

Langkah-langkah untuk Meningkatkan Kekayaan Bersih

Semakin sedikit uang yang belanjakan, semakin banyak dapat mengumpulkan kekayaan bersih. Jika belum melakukan tinjauan anggaran akhir-akhir ini, lihat pengeluaran saat ini dan lihat apakah ada tempat yang dapat kurangi. Itu termasuk hal-hal yang lebih besar, seperti menyingkirkan salah satu kendaraan jika memiliki banyak cicilan mobil, hingga hal-hal yang lebih kecil, seperti melewatkan makan siang atau membatalkan langganan majalah yang tidak baca.

4. Berinvestasi untuk Penghasilan

mewujudkan mimpi untuk beli rumah dengan cara menabungInvestasi pendapatan adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kekayaan bersih — jika dilakukan dengan benar. Salah satu strategi yang dapat gunakan adalah sistem keranjang. Premis utama dari pendekatan ini adalah akan membagi investasi likuid menjadi empat kelompok: kelompok uang tunai, kelompok pendapatan, kelompok pertumbuhan, dan kelompok pendapatan alternatif.

Dengan mendanai berbagai hal, memberi diri aset berbeda yang dapat gunakan untuk mendanai gaya hidup sebelum dan selama masa pensiun. Itu dapat membantu untuk menambah sumber pendapatan pensiun lainnya, seperti pensiun, anuitas atau tunjangan jaminan sosial.

Kesimpulan

Meningkatkan kekayaan bersih bukanlah tentang melakukan satu hal atau hal lain; ini tentang menggunakan strategi yang dirancang untuk menangani semua bidang rencana keuangan . Dengan membuat berbagai bagian yang bergerak dari rencana bekerja sama, dapat menempatkan diri pada jalur yang kokoh menuju kekayaan bersih yang lebih tinggi.