BUMI SEMPAJA CITY – Demam budaya Korea yang mengglobal buat banyak orang tertarik menerapkan gaya khas dari Negeri Gingseng tersebut ke kehidupan sehari-hari. Salah satunya desain kamar ala drama Korea yang identik memberi kesan hangat dengan tidak lepas dari gaya cenderung semi minimalis.

Pasti banyak dari Anda yang juga terinspirasi dan ingin coba menggunakan konsep desain serupa agar kamar terlihat lebih fresh, bukan? Simak beberapa tipsnya dalam mendesain ruang kamar ala drama Korea berikut.

Ide Kamar dengan Korean Style

Walau tentu saja dalam mendesain kamar bisa bergantung pada selera dan kebutuhan, ciri khas dari Korean style room ini bisa Anda terapkan untuk menambah tampilan lebih menyerupai kamar-kamar di drama Korea.

  • Unsur Serba Putih

Jika Anda sadari, sebagian besar orang Korea menyukai gaya yang lebih simple. Berbeda dengan Japanese style yang lebih ekstrim, pada kamar desain K-style banyak menggunakan unsur serba putih. Pemakaian unsur serba putih ini akan memberi kesan bersih dan luas pada ruangan kamar.

Faktanya ruangan kamar dan ukuran rumah di Korea cukup terbatas, sehingga mereka sering mengusahakan agar ruangan demi ruangannya bisa terlihat lebih luas.

DP 0 PERSEN
  • Bermain Warna Pastel

Kamar di Korea juga lebih banyak bermain warna pastel yang membangun kesan lembut dan ceria. Baik kamar perempuan, maupun laki-laki. Padukan sprei berwarna pastel yang juga dilengkapi dengan berbagai aksesoris kamar yang sama-sama berwarna pastel. Gaya ini lebih banyak diterapkan pada kamar remaja.

  • Penggunaan Kasur Lantai

Anda pasti sering menjumpai kamar orang Korea yang menggunakan kasur lantai di dalam drama, kan? Selain lebih murah, kasur lantai juga akan membuat ruangan terasa lebih luas karena tidak memakan banyak tempat. Penggunaan kasur lantai juga tidak lepas dari rasa nyaman bagi penggunanya yang mana lebih menyukai kasur tanpa kaki atau ranjang.

  • Area Tidur Konsep Loteng
BACA JUGA  Rekomendasi Desain Teras Rumah Minimalis, Cocok Untuk Bersantai Menikmati Senja

Satu hal yang unik di Korea adalah area tidur dengan konsep loteng. Hal ini juga difaktori area luas ruangan yang terbatas lho. Banyak orang Korea yang membangun mini loteng dalam kamar mereka sebagai area menaruh tempat tidur.

Sementara pada bagian bawah bisa jadi area belajar atau menaruh sofa kecil, maupun jadi area untuk menaruh berbagai barang seperti rak buku dan lemari.

  • Karpet Berbulu dan Sprei Polos

Kamar bergaya K-style pun tidak lepas dari keberadaan karpet berbulu dan sprei yang cenderung polos. Berbeda dengan orang Indonesia yang lebih menyukai sprei bermotif, pemakaian sprei polos ini lebih disukai dengan tujuan menciptakan kesan minimalis. Selain motif polos, motif gingham atau kotak-kotak pun bisa jadi pilihan lain.

  • Aksesoris Minimalis dengan Kesan Hangat

Meski sebagian besar kamar menggunakan desain minimalis, keberadaan aksesoris harus tetap melengkapi keindahan ruangan kamar. Pengaplikasian aksesoris ini juga tidak secara asal, tetapi menggunakan konsep yang bertujuan menambah kesan lebih hangat pada ruangan. Misalnya menaruh pot bunga atau tanaman hijau di sudut ruangan.

Kemudian menaruh standing mirror yang ukurannya tidak begitu besar. Aksesoris lainnya seperti lilin aroma terapi dan frame berisikan lukisan estetik pun tidak lepas dari desain kamar Korea.

Agar lebih lengkap, Anda bisa menaruh lampu minimalis di sudut atau pada area tertentu yang juga jadi satu ciri khas kamar Korea. Penggunaan lampu tumblr yang diaplikasikan pada area tempat tidur, cermin, atau jendela bisa jadi pilihan supaya ruangan terkesan lebih hangat. (yuli)