BUMI SEMPAJA CITY – Dalam melakukan transaksi jual beli rumah di Samarinda, anda tentu harus mengetahui tips pentingnya. Membeli dan menjual rumah adalah impian banyak orang, ketika orang memutuskan untuk membeli rumah, maka orang tersebut membutuhkan rumah yang nyaman.

Lain halnya, ketika seseorang memutuskan untuk menjual rumah, yang terkadang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan finansial.

Apa saja tips jual beli rumah di Samarinda?

Rumah adalah salah satu bentuk pemenuhan kebutuhan, tidak selalu mudah didapat dan dijual, karena rumah biasanya dibanderol dengan harga yang tinggi. Anda juga harus mengetahui bahwa nilai properti di setiap tahunnya selalu naik.

Agar harga rumah yang tinggi ini dapat disiasati dengan baik, tentu banyak orang yang rela untuk membeli rumah bekas. Tidak sedikit juga orang yang melakukan transaksi jual beli rumah dengan harga yang terjangkau.

Memperhatikan Legalitas Rumah

Dalam melakukan transaksi jual beli rumah di Samarinda, Anda harus memperhatikan legalitas rumah. Legalitas rumah adalah salah satu hal yang harus diperhatikan dalam melakukan jual beli rumah. Sebagai pemilik, Anda bisa memeriksa riwayat dari rumah yang akan dijual tersebut.

DP 0 PERSEN

Sebagai pembeli, Anda bisa bertanya sendiri kepada pihak penjual atau perantara mengenai legalitas rumah yang akan dibeli. Apabila diperlukan, Anda juga bisa menyewa jasa tenaga ahli hukum untuk memastikan legalitas yang ada. Anda juga harus memastikan bahwa rumah tersebut terbebas dari kasus bermasalah seperti tindakan penipuan.

Setelah rumah tersebut mempunyai legalitas, tentu rumah tersebut bisa melewati transaksi jual beli rumah. Setelah itu, maka rumah tersebut telah pasti memang sangat legal untuk dijual dan dibeli.

Membuat Anggaran

Dalam melakukan transaksi jual beli rumah di Samarinda, Anda harus mempunyai anggaran. Anggaran ini sangat penting baik untuk rumah baru maupun rumah bekas. Sebagai pembeli, Anda harus memastikan anggaran sesuai dengan kemampuan keuangan dan berdasar pada pendapatan.

BACA JUGA  Bagaimana Memilih Lokasi Terbaik Untuk Membangun Rumah

Anda juga harus memastikan bahwa pengeluaran lain yang harus dibayar memang benar-benar telah tertanggung. Usahakan juga, Anda menyiapkan dana renovasi rumah apabila rumah memerlukan perbaikan nantinya. Membuat anggaran adalah hal yang sangat penting untuk melakukan pembelian rumah.

Memastikan Surat Lengkap

Dalam melakukan transaksi jual beli rumah di Samarinda, pembeli dan penjual wajib memastikan bahwa surat-surat yang dimiliki sudah lengkap. Daftar surat yang menjadi syarat jual beli rumah adalah surat kepemilikan tanah, akta jual beli rumah, sertifikat izin mendirikan bangunan, surat pajak bumi dan bangunan, bukti pembayaran tagihan untuk memastikan layanan tidak dicabut.

Anda juga harus menyiapkan biaya untuk pengecekan persuratan di kantor pertanahan nantinya. Pengecekan persyaratan ini sangat penting untuk memastikan bahwa rumah tersebut benar-benar mempunyai surat-surat yang lengkap.Anda juga harus menyiapkan budget tambahan, fungsinya untuk menanggulangi beberapa biaya lain yang harus anda keluarkan nantinya.